Python & WxPython

23/07/10

Struktur Lexical Python

Bahasa komputer seperti bahasa manusia, yaitu memiliki struktur lexical. Sebuah source code program python terdiri dari beberapa token. Token adalah elemen kode atomic. Dalam bahasa python, python memiliki komentar, variabel, literal, operator, delimiter dan keywords.


1. Komentar

Komentar sering digunakan programmer untuk memberikan keterangan dari sebuah code program dan semua komentar tidak akan dieksekusi oleh interpreter python. Semua komentar di python mengunakan tanda (#) yang diletakan pada awal komentar & untuk komentar yang terdiri dari 1 baris, sedangkan untuk komentar lebih dari 1 baris menggunakan triple qoute (“”” “””)

>>> # Ini komentar yang terdiri dari 1 baris
>>> """ Ini komentar yang terdiri lebih dari 1 baris
sehingga menggunakan triple qoute """


2. Variabel

Variabel adalah suatu identifier yang menyimpan atau mengandung sebuah nilai. Dalam pemrograman dapat kita katakan, kita berikan sebuah nilai untuk suatu variabel. Secara teknisnya, sebuah variabel akan mengacu ke memori komputer dimana nilai itu disimpan. Sedangkan dalam python, sebuah variabel dapat menyimpan suatu string, angka, maupun objek seperti fungsi dan kelas. Variabel dapat diisi dengan nilai yang berbeda dari waktu ke waktu.
Variable dalam python memiliki beberapa aturan, yaitu tidak boleh diawali dengan angka, mengandung tanda minus (-), dan sama seperti keyword-keywords yang ada di python.

Variabel yang dibolehkan :
Nama_alamat
angka13
_variabel


Variabel yang tidak boleh :
Plus-minus
10kata
Variabel$
else


Variabel bersifat case sensitive, artinya antara nilai, Nilai, NILAI adalah 3 macam nama variabel yang berbeda. Contohnya adalah :

>>> Nilai = 13
>>> nilai = 5
>>> NILAI = 20
>>> print Nilai, nilai, NILAI
13 5 20
>>>

3. Literal

Literasi adalah setiap notasi yang mewakili sebuah nilai pada source code python. Teknisnya, sebuah literal akan diberikan nilai pada saat dicompile, sedangkan variabel akan diberikan nilai pada saat dijalankan. Pendek kata, literal adalah sebuah nilai yang dimiliki variabel. Contoh :

Nama = ‘Ahmad’
Umur = 29
Nama & Umur adalah variabel, sedangkan angka 29 dan kata Ahmad adalah literal.

4. Operator

Operator adalah simbol yang digunakan untuk menjalankan sebuah aksi pada beberapa nilai. Contoh operator yang terdapat di python seperti dibawah ini:

+ - ~ * ** / %
<< >> & | ^
and or not in not in
is is not < > != <>
== <= >=




5. Delimiter

Delimiter adalah urutan satu atau lebih karakter yang digunakan untuk menentukan batasan dan dipisahkan oleh sesuatu. Contoh delimiter yang terdapat di python adalah :

( ) [ ] { }
, : . ` = ;
+= -= *= /= //= %=
<= |= ^= >>= <<= **= ' " \ @

6. Keywords

Keywords adalah kata kunci yang disediakan dalam bahasa pemrograman python. Keywords digunakan untuk menjalankan suatu tugas tertentu dalam suatu program. Diantara tugas keywords adalah mencetak nilai pada console, melakukan operasi logical, melakukan tugas pengulangan, dll .Contohnya adalah keywords print digunakan untuk mencetak sebuah nilai di console. Keywords ini bersifat case sensitive dan tidak bisa dijadikan variabel biasa.

and del from not while
as elif global or with
assert else if pass yield
break except import print
class exec in raise
continue finally is return
def for lambda try

Sumber : www.zetcode.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar