Python & WxPython

08/07/10

WxPyton - Pengenalan Singkat

Aplikasi adalah sebuah program komputer yang melakukan perintah tertentu atau kumpulan beberapa perintah. Web browser, media player, kamus digital adalah contoh dari aplikasi. Aplikasi dapat dibagi menjadi 4 bidang yang berbeda :





Aplikasi belanja online, web search engine, web blog adalah contoh-contoh aplikasi web yang terkenal. Semuanya harus diakses dengan sebuah web browser seperti mozilla, internet explorer, google chrome, safari, dll. Contoh aplikasi desktop seperti microsoft office, winamp, media player. Sedangkan aplikasi enterprise berada diarea-area yang khusus. Aplikasi pada area yang khusus ini bersifat luas dan kompleks, contohnya seperti SAP yang dibuat menggunakan bahasa ABAP. Aplikasi portable adalah aplikasi yang dibuat bersifat portable termasuk semua aplikasi yang dikembangkan untuk handphone, pda, ipad, dan yang sejenisnya.

Bahasa Pemrograman

Ada banyak bahasa pemrograman yang tersebar di dunia. Dibawah ini adalah daftar bahasa pemrograman yang banyak digunakan diseluruh dunia. Tabel dibawah ini diambil dari situs TIOBE pada bulan juni 2010.


Java adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. Java dapat digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi, seperti aplikasi portable, desktop, sampai enterprise. Urutan selanjutnya adalah C/C++, bahasa ini biasanya digunakan sebagai bahasa standar pembuatan operating system dan beberapa aplikasi desktop yang terkenal seperti, MS Office, Macrimedia flash, Adobe Photoshop atau 3D Max. Dua bahasa program ini yang juga mendominasi bisnis aplikasi GAME.

PHP adalah bahasa yang digunakan untuk membuat aplikasi web bersifat dinamis, dan salah satu bahasa yang paling mendominasi web. Jika java banyak digunakan oleh oraganisasi atau perusahaaan besar, maka php digunakan oleh perusahaan kecil atau individu. Sedangkan visual basic kebanyakan digunakan dalam bidang RAD (Rapid Application Development), yaitu sebuah konsep yang dapat mengembangkan produk lebih cepat dan dengan kualitas yang tinggi. Perl, Python, & Ruby adalah basaha scripting yang paling banyak digunakan. Semuanya memiliki banyak kesamaan & saling bersaing menjadi yang terbaik.

Python





Python termasuk bahasa scripting yang banyak digunakan. Dikembangkan oleh orang belanda yang bernama Guido Van Rossum. Release pertama pada tahun 1991. Bahasa python terilhami oleh bahasa pemrograman ABC & Haskell. Python termasuk bahasa tinggkat tinggi (High Level), bersifat multiplatform, termasuk bahasa interperter & yang pasti mudah untuk dipelajari. Bahasa python juga bahasa yang ‘minimalis’, tidak membutuhkan semicolons ‘;’ ataupun bracket ‘()’, oleh karenanya python menggunakan identasi sebagai pembeda antar baris perintah.

Untuk membuat GUI (Graphical User Interfaces), python menyediakan banyak pilihan, diantaranya adalah wxPython, PyGTK, PyQt, TkInter, dll. Insya Alloh pembahasan dalam blog ini dikhususkan kepada wxPython.


WxPython









wxPython adalah toolkit yang bersifat cross platform yang digunakan untuk membuat aplikasi desktop berbasis GUI (Grapichal User Interface). Dengan menggunakan wxPython, aplikasi yang dihasilkan dapat dijalankan pada windows, Mac, dan semua varian system Unix. wxPython adalah sebuah wrapper yang diturunkan dari wxWidget (sebelumnya bernama wxWindows) yang membungkus program python dengan GUI yang cantik.



WxPython terdiri dari 5 modul dasar, yaitu Windows, GDI, Core, Misc, Controls. Modul controls menyediakan widget-widget umum yang biasa ditemukan pada aplikasi grafis (GUI) seperti tombol, toolbar, notebook, dll. Widget biasa disebut control di windows. Modul core terdiri dari class-class dasar yang digunakan untuk development. Termasuk didalamnya objek class, sizer (untuk memanage layout), events, basic geometry seperti titik & kotak. GDI adalah singkatan dari Graphics Device Interface yaitu satu set class yang digunakan untuk menggambar kedalam widgets. Modul ini terdiri dari beberapa class untuk memanipulasi huruf, warna, brush, pen, atau gambar. Modul misc terdiri dari berbagai class-class lain dan fungsi-fungsi modul. Class-class ini digunakan untuk logging, konfigurasi aplikasi, setting system, dll. Yang terakhir adalah modul windows, yang terdiri dari berbagai jenis windows yang membentuk aplikasi. Contohnya adalah sebuah panel, dialog, frame, dll.

Sumber : www.zetcode.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar